[language-switcher]
Beranda  Berita

Menang Praperadilan, Penyidik Polres Toraja Utara Hentikan Penyidikan Perkara Tindak Pidana Pengrusakan

Pengadilan Negeri Makale kembali menggelar Sidang Praparedilan terkait penghentian penyidikan (SP3) yang telah dilakukan oleh Penyidik Polres Toraja Utara terhadap kasus pengrusakan pemohon, Senin (08/07/2024).

Sidang Praperadilan yang digelar dengan agenda pembacaan putusan menghadirkan pemohon Luther Pamean didampingi kuasa hukum pemohon Heryanto, SH., MH dan Daud Arianto Pakanda, SH terhadap termohon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia cq.Kapolda Sulsel cq. Kapolres Toraja Utara cq. Kasat Reskrim Polres Toraja Utara dipimpin oleh hakim tunggal Meir Elisabeth B.R. SH.,MH.

Diketahui sidang Praperadilan dengan agenda pembacaan putusan yang digelar merupakan sidang hari ke VI, sebelumnya telah dilaksanakan sidang dengan agenda pembacaan gugatan oleh kuasa hukum pemohon praperadilan, pembacaan jawaban oleh termohon praperadilan, pengajuan bukti-bukti oleh pemohon dan termohon, pengajuan saksi-saksi, serta kesimpulan dari pemohon dan termohon.

Adapun putusan sidang praperadilan tersebut bahwa hakim tunggal praperadilan menolak seluruh gugatan pemohon dan menyatakan bahwa penghentian penyidikan (SP3) yang dikeluarkan oleh termohon praperadilan adalah sah.

Semua dalil yang diajukan oleh pemohon ditolak untuk seluruhnya oleh hakim, dan membebankan biaya perkara kepada pemohon dengan jumlah Nihil.

Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK.,M.Si, melalui Kasat Reskrim AKP Syahrul Rajabia, S.T.,M.H membenarkan adanya putusan dalam sidang praperadilan yang dimenangkan oleh Kapolres Toraja Utara selaku Termohon.

“Ya, praperadilan itu hal biasa, semua orang memiliki kedudukan yang sama didalam hukum, pemohon berhak mengajukan praperadilan ke Pengadilan, dan terbukti hari ini kerja kami profesional, kami menangkan sidang praperadilan ini,” terangnya.

Dengan adanya putusan sidang praperadilan ini, Satuan Reskrim Polres Toraja Utara memastikan menghentikan proses penyidikan perkara, dimana sebelumnya Penyidik telah menerima laporan terkait dugaan kasus tindak pidana pengrusakan.

(Humas Polres Toraja Utara Polda Sulse)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Bareskrim Ungkap TPPU Kasus Narkoba di Kalbar, Ada yang Jadi Bisnis Kos-Kosan
Mengenang Ipda Adi Sanata, Lulusan Akpol yang Berkorban saat Tsunami Aceh
Kapolri Cup Badminton Championship 2024 Dibuka, Seribu Lebih Peserta Ikut Bertanding
Tingkatkan Pelayananan Publik, DivPropam Polri Gelar Sertifikasi Kompetensi Bintara Akreditor
Pesan Wakapolri untuk Pujakesuma Kepri: Jaga Kekompakan dan Wujudkan Cita-Cita Bangsa
825 Siswa Ikuti Pendidikan, Polda Metro Harap Jadi Polisi yang Profesional
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli dialogis dengan karyawan pertashop cegah tindak kriminalitas di obyek vital
Cegah tindak kriminalitas di area perbankan anggota Polsek Nglegok berikan himbauan kamtibmas kepada petugas keamanan Bank
Antisipasi tindak kriminalitas di minimarket anggota Polsek Nglegok melaksanakan patroli dialogis di area perbelanjaan
Solid Sinergi, Kapolres Barsel Beri Kejutan Untuk Kejaksaan Negeri Barsel Di Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64
Gelaran Operasi Patuh Telabang 2024, Satlantas Polres Barsel Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas Secara Masif
Silaturahmi Kamtibmas bersama warga lingkungan antisipasi tindak kriminalitas saat malam hari
Lihat Semua
WordPress Lightbox