[language-switcher]
Beranda  Berita

Kunker di Maluku, Ini Pesan Panglima TNI dan Kapolri

Setelah tiba sore kemarin menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara di Bandara Pattimura Ambon, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, menitipkan sejumlah pesan kepada seluruh prajurit.

Dihadapan para anak buahnya di Markas Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, Kota Ambon, Maluku, Jumat (17/1), dua pimpinan tertinggi ini mengakui sinergitas TNI dan Polri di Maluku.

“Apa yang saya sampaikan adalah mengingatkan kembali kepada seluruh prajurit TNI dan Polri terkait program kerja tahun 2020 yang akan kita laksanakan nanti,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Program di tahun ini, kata Hadi, diantaranya Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) secara serentak di Indonesia. Di Maluku sendiri, terdapat 4 wilayah akan melaksanakan Pilkada tahun ini. Yaitu Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya.

pengarahan2

“Saya dan bapak Kapolri mengingatkan bahwa TNI Polri harus mensukseskan iven nasional ini. Sehingga harapan kita semua pelaksanaan pilkada serentak dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses terutama sesuai dengan komitmen kita bersama yaitu anggota TNI dan Polri tetap harus netral,” pintanya.

Selain pilkada, Hadi juga mengingatkan di tahun ini terdapat iven nasional lainnya yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON). Kegiatan tersebut akan berlangsung di Mimika dan Sentani, Papua. “Hal yang sama kita juga harus mensukseskan kegiatan ini dengan baik,” pintanya.

Dua kegiatan nasional itu, lanjut Hadi, masih memiliki waktu yang panjang. Sehingga perencanaan untuk menghadapi kegiatan tersebut dapat disusun atau disiapkan dengan baik. “Saya yakin bahwa kegiatan ini bisa berjalan dengan aman dan lancar berkat pengalaman tahun 2018 dan 2019,” yakin Hadi.

Hadi juga kembali mengingatkan adanya prediksi alam yaitu terjadinya hujan lebat. Dia meminta seluruh unit TNI dan Polri agar senantiasa menyiapkan diri untuk membantu masyarakat jika terjadi banjir ataupun tanah longsor.

“Dan setelah hujan lebat kita akan masuk pada musim kemarau yang panjang. Kemungkinan akan terjadi gagal panen dan kekurangan air. Semua itu kita bisa antisipasi dengan baik,” pintanya.

Jenderal TNI bintang empat ini meminta masyarakat agar menjaga keseimbangan alam. Eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak sesuai dengan aturan harus ditiadakan.

Termasuk pengamanan wilayah yang menjadi tanggungjawab.
“Khususnya pengamanan wilayah lingkungan hidup di seluruh wilayah hukum Kodam XVI/Pattimura dan Polda Maluku,” katanya.

Hadi mengaku bangga melihat prajurit TNI dan Polri di Maluku begitu menyatu. Dia mengibaratkan prajurit TNI dan Polri di Maluku seperti pelangi yang memiliki beragam warna berbeda namun dapat bersatu.

“Saya yakin ini bukan saja serimonial tapi adalah implementasi kerja sampai ke tingkat bawah yaitu babinsa dan bhabinkamtibmas yang mampu bekerja sama mengatasi kesulitan rakyat di pedesaan,” ujarnya.

Menurutnya, selain memberikan pengarahan kepada prajurit TNI dan Polri, kunjungan kerja di Kota Ambon juga sekaligus melakukan penanaman pohon. Kegiatan penanaman pohon ini secara simbolik telah dilakukan di tempat pendidikan lembaga Kepolisian Negara Repoblik Indonesia, Cikeas.

“Kita sudah tanam pohon dengan jumlah sebanyak 2020 pohon. Dan itu akan diikuti oleh seluruh satuan. Dan setiap tahun kita mempunyai program untuk tanam pohon.

pengarahan3

Kebetulan ini musim hujan, dan apabila kita menanam pohon Insya Allah itu bisa tumbuh dengan baik. Kita juga akan gerakan prajurit TNI Polri untuk tanam pohon di wilayah-wilayah bencana seperti yang terjadi di bogor dengan tanaman yang sudah diarahkan oleh kepala BNPB,” tandasnya.

Senada, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, juga memberikan apresiasi terhadap sinergitas yang telah diberikan prajurit TNI dan Polri di Maluku.
“Saya menaruh respek dan hormat yang tinggi atas sinergitas yang telah dibangun oleh jajaran TNI dan Polri di Ambon.

Teruskanlah karena kita adalah bagian dari NKRI. Harus dijaga terus agar NKRI tetap berdiri tegak sampai dunia ini kiamat,” pintanya.

Idham berpesan, dalam menghadapi sejumlah iven nasional nanti seperti pilkada, agar para prajurit TNI dan Polri dapat memegang teguh netralitas. “Kamu tidak ke kiri, tidak ke kanan. Laksanakan tugas yang sudah diberikan oleh pimpinanmu, komendanmu, Insya Allah semua pelaksanaan pilkada nanti di Ambon (Maluku) berjalan aman dan terkendali.

Saya yakin keberadaan teman-teman, sinergitas yang teman teman tunjukan sudah cukup untuk modal dasar kita melangkah ke arah berikutnya,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Divisi Humas Gelar Bhayangkara Presisi Bowling Cup
Polri Sebut 5 Negara Ini Jadi Tujuan Penggelapan Kendaraan dari Indonesia
Bareskrim Ungkap Peran 7 Tersangka Penggelapan 20 Ribu Motor
Polri Gelar Kejuaraan Badminton Kapolri Cup 2024, Upaya Asah Bibit Muda
Polri Ungkap Modus Pelaku Penipuan Online Lowongan Kerja di Berbagai Negara
Bareskrim Bongkar Penggelapan 20 Ribu Kendaraan, Dikirim ke Berbagai Negara
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Majalengka Gelar Istighosah Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H
Wujud Sinergitas TNI-Polri, Kapolsek Sukahaji Hadiri Acara Pisah Sambut Danramil 1708/Sukahaji
Polsek Jatiwangi Cegah Gangguan Kamtibmas dengan Sambang Pos Security PT. Diamond Internasional Indonesia
Patroli Malam Polsek Jatiwangi Cegah Gangguan Harkamtibmas di Bank Mandiri Jatiwangi
Ps. Kanit Binmas Polsek Majalengka Kota Sambangi Karyawan Fotokopi di Majalengka Wetan
Polwan Bhabinkamtibmas Polsek Sukahaji Sambangi Warga Desa Cikoneng
Lihat Semua
WordPress Lightbox