[language-switcher]
Beranda  Berita

Tingginya Kriminalitas Dilakukan Anak Dibawah Umur, Kapolresta Himbau Orangtua Jaga Pergaulan Anak

Tribratanewsriau – Sangat disayangkan mulai banyaknya kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) maupun pencurian sepeda motor (Curanmor) yang didalamnya ikut terlibat anak anak di bawah umur harus menjadi perhatian serius.
Dimana diketahui dari beberapa kali gelar konferensi pers kasus curas, maupun curanmor yang telah dilakukan pihak Polresta Pekanbaru beserta jajaran Polsek Polresta Pekanbaru masih ada mendapati anak di bawah umur terlibat melakukan tindak pidana tersebut.
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya saat diwawancarai tanggapannya melihat masih adanya anak dibawah umur yang terlibat melakukan tindak pidana, mengatakan bahwa anak-anak tersebut melakukan tindak kejahatan karena salah pergaulan.
“Kita mengimbau kepada para orangtua agar benar benar bisa mengawasi anaknya di lingkungan pergaulan, karena salah pergaulan bisa membawa anak anak menjadi pelaku kriminal, karna memang tantangan dikota besar ini banyak sekali, oleh karena itu perlu pengawasan orangtua, dari lingkungan rumah dulu yang paling utama,” ucap Kapolresta, saat diwawancarai RiauLink.com, Kamis (16/1/2020).
“Termasuk juga di lingkungan pendidikan, benar benar diajarkan pelajaran-pelajaran terkait dengan keagamaan maupun moralitas itu yang paling penting, agar anak anak kita ini nanti bisa menjadi generasi harapan bangsa,” tambah Kapolresta Pekanbaru.
Lebih lanjut Kapolresta menyebutkan untuk meminimalisir angka kejahatan yang dilakukan anak dibawah umur, pihak Polresta sudah melakukan upaya sosialisasi dengan cara program pembinaan.
“Polresta Pekanbaru, sudah banyak melakukan program-program pembinaan, pembinaan ketertiban masyarakat yang dilaksanakan oleh jajaran satuan binmas maupun polsek dan para bhabinkamtibmas untuk melakukan kegiatan pembinaan, penyuluhan dan sosialisai terkait untuk mencegah kejahatan kejahatan baik kejahatan jalan, ataupun konvensional, narkoba maupun kekerasan didalam rumah tangga dan lainnya,” jelasnya.
Kegiatan yang paling penting itu adalah kegiatan yang bersifat bekerjasama dengan dunia pendidikan, disekolah-sekolah ya kita kerjasama untuk melakukan kegiatan penyuluhan kesekolah-sekolah untuk menghimbau dan mengingatkan kepada pelajar untuk menghindari narkotika kemudian menghindari tindakan tindakan kriminalitas.
Saat disinggung soal motif yang tidak asing didengar lagi dari para pelaku kriminal melakukan tindak kejahatan hanya karna untuk bermain judi online, Kapolresta Pekanbaru tegas mengatakan bahwa pihaknya saat ini sering melaksanakan razia rutin yang ditingkatkan dilokasi warnet.
“Saat ini kita kan sering melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan baik jajaran jajaran satuan fungsi pre emtif preventif baik satuan binmas, satuan sabhara, termasuk juga jajaran polsek bersama-sama melakukan kegiatan kegiatan rutin yang ditingkatkan, dilokasi-lokasi warnet yang jam operasionalnya melebihi batas, itu kita himbau dan ingatkan pada pemilik warnet untuk mematuhi aturan yang ada,” katanya.
“Jangan sampai warnet-warnet ini disalahgunakan yang seharusnya izinnya untuk browsing, tapi disalahgunakan menjadi kegiatan permainan game, dan biasanya memang terindikasi lewat tengah malam, padahal sebenarnya izin warnet ditentukan tidak sampai lewat larut malam ataupun sampai pagi, dan kegiatan rutin yang ditingkatkan ini sering kita lakukan baik dari jajaran Polresta maupun jajaran Polsek,” tutup Kapolresta.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Michael Josua, Perwira Remaja Polri Pertama dan Satu-satunya Penganut Konghucu yang dilantik Presiden Jokowi
Bareskrim Polri Bongkar Sindikat TPPO Scam Pekerjaan Paruh Waktu
Michael Darmawan Cahyadi Josua, Anak Sopir Paruh Waktu Dilantik Jadi Perwira Remaja Polri
Bareskrim Bongkar Online Scam Jaringan Internasional Modus Loker, 4 Negara Jadi Korban
Polisi Tangkap 7 Remaja Pelaku Tawuran Dengan Sajam dan Molotov
Bicara Era 5.0, Presiden Jokowi Ajak Perwira TNI-Polri Ikuti Perubahan Zaman
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polres Prabumulih menggelar rapat lintas sektoral terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah
Polisi Langgam Terus Lakukan Sosialisasi Ini Cegah Karhutlah
Cegah Kriminalitas di Tengan Masyarakat, Polisi Pangkalan Kerinci Patroli di Objek Vital
Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukajadi bersama Lurah melaksanakan himbauan karhutla dengan  warga binaanya
Polres Kukar Gelar Pelatihan Fungsi Teknis Lalu Lintas Menjelang Pilkada
Satuan Lalulintas Polres Prabumulih laksanakan himbauan penggunaan helm Standart Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara sepeda motor
Lihat Semua
WordPress Lightbox