[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Palu Polda Sulteng,Tembak Sejumlah Pelaku Curas, Curat dan Curanmor

Polda Sulawesi Tengah – Polres Palu – Janji Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh untuk melumpuhkan para pelaku Kasus Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dan Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atau lebih dikenal dengan kejahatan C3 yang cukup meresahkan di wilayah hukum Polres Palu ternyata dibuktikan,Kamis (16/1/2020) sejumlah pelaku C3 terlihat berjalan tertatih-tatih lantaran di tembak saat ditangkap petugas.

Dijelaskan AKBP Moch Sholeh, khusus wilayah Polsek Palu Barat berhasil ditangkap empat pelaku kejahatan C3 beberapa diantaranya harus dilumpuhkan dengan tembakan karena hendak melarikan diri, melakukan perlawanan saat ditangkap polisi. Para pelaku yang berhasil ditangkap yakni NR (18), FD (31), PD (50) dan MF (24). Para pelaku yang berhasil ditangkap itu selama ini sering beraksi di wilayah Kelurahan Kamonji, Kelurahan Lere, Kelurahan Donggala dan Kecamatan Palu Barat.

“Untuk motif aksi mereka hampir sama yakni masalah ekonomi, itu pengakuan para pelaku. Tapi ini sudah kejahatan yang sangat meresahkan karena korbannya rata-rata adalah perempuan dan terkadang harus terjatuh dari motor saat barang berharga mereka dirampas. Terkadang para pelaku mengancam dengan sejata tajam termasuk berani melukai korbannya jika melawan,” kata perwira dua melati ini.

Untuk barang bukti, polisi berhasil mengamankan dari tangan pelaku berupa sejumlah HP, Sepeda, Lampu sein, Keris dan Parang termasuk sepeda motor. Para pelaku kata AKBP Moch Sholeh dalam melakukan aksinya tidak pandang waktu. Jika ada kesempatan maka para pelaku akan beraksi termasuk pada siang hari.

IMG 20200116 WA0865 682x1024 edit

 

“Beberapa pelaku kita lumpuhkan dengan ditembak pada bagian melumpuhkan, pastinya pelaku yang kita tembak itu saat ditangkap mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan.

“Saya sudah perintahkan jajaran jangan segan menembak para pelaku C3 apalagi kondisinya membahayakan petugas,” tambah Kapolres Palu.

Sementara itu Polsek Palu Timur periode Januari 2020 berhasil menangkap pelaku C3 sebanyak sembilan orang yakni SP (23), AM (29), LW (22), AD (25), SD (24), AN (26), HD (20), RP (35), dan DP (30). Mereka ditangkap di sejumlah tempat kejadian perkara yang masuk dalam wilayah hukum Polsek Palu Timur. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sepeda motor, speaker, Uang Tunai Rp. 350.000 termasuk sejumlah barang lainnya.

“Para pelaku yang ditangkap beberapa diantaranya merupakan residivis dan salah satunya merupakan DPO. Tapi ada juga yang mengaku baru satu kali melakukan pencurian, mereka berjanji tidak lagi mengulangi perbuatannya,” jelas AKBP Moch Sholeh sembari tersenyum.

Akibat perbuatan itu, para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun penjara. Pada kesempatan itu Kapolres Palu berpesan agar warga senantiasa berhati-hati karena pelaku seringkali tidak ada niat melakukan aksinya namun saat melihat kesempatan bisa saja karena lengah maka pelaku segera beraksi.

Terkait barang bukti, Kapolres Palu menghimbau warga yang merasa kehilangan sepeda motor dapat mengeceknya di Polres Palu maupun di Polsek jajaran untuk dilakukan pengecekan. Warga diminta membawa surat kelengkapan kendaraan untuk kemudian dicocokan dengan barang bukti yang sudah diamankan polisi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kisah Catar Akpol Jovanka Alfaudi: Santri yang Mahir Bahasa Arab hingga Spanyol, Sempat Dua Kali Gagal Masuk Bintara
Kakorlantas Beri Arahan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Untuk PON XXI di Sumut dan Aceh
Inilah Juara International Open Indoor Skydiving Championship Kapolri Cup 2024
Kerennya Museum Akademi Kepolisian di Semarang, Melihat Sejarah Polri dari Dekat
Resmi Ditutup! Tim Terjun Payung Polri Kembali Raih Prestasi Gemilang di Internasional Skydiving Championship Kapolri Cup 2024
Berkas Perkara Kasus Pornografi Anak Dinyatakan Lengkap
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Gelapkan 15 Karung Pupuk, Karyawan Perusahaan Sawit Ditangkap Polsek Muara Kaman
Polsek Tenggarong Berikan Pengamanan Penutupan Festival Lomba Miskat, Jepen, dan Kuliner Khas Kukar 2024
Polsek Tigapanah Pastikan Kebaktian Gereja di Wilkum Berjalan Aman dan Lancar
Kasat Lantas AKP Rabiah Hasibuan Menjelaskan Hasil Kegiatan Ops Patuh Toba 2024 Hari ke-6 di Kab. Karo
Ton Siaga 5 Polres Kukar Rutin Gelar Apel Diakhir Pekan dan Hari Libur
Polsek Tabang Sosialisasi dan Penyuluhan Terkait Bahaya Narkoba di SMPN 1 Tabang
Lihat Semua
WordPress Lightbox