[language-switcher]
Beranda  Berita

Marak Kasus Bunuh Diri, Kapolres Dompu Beri Himbauan

tribratanews.ntb.polri.go.id – Awal tahun yang seharusnya penuh suka cita malah menjadi duka bagi keluarga korban bunuh diri. Pada Kamis (02/01) sekitar pukul 15.30 wita bertempat di kamar mandi atau wc milik Pemda Kabupaten Dompu di area komplek pasar lama Rasanggaro Kelurahan Montabaru, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu menjadi TKP bunuh diri yang dipilih saudara Ujang Sahwan.

Kapolsek Woja Ipda Abdul Haris yang mengetahui atas penemuan korban bunuh diri tersebut langsung bergerak mendatangi TKP bersama anggota piket, Kanit Reskrim, dan bhabinkahamtibmas Kelurahan Montabaru.

“Sebelumnya anggota piket jaga Polsek Woja menerima laporan dari masyarakat bahwa area komplek pasar lama Rasanggaro telah ditemukan korban bunuh diri dengan cara gantung diri”, ujar Ipda Abdul Haris.

Ditambahkannya, sesudah dipastikan bahwa benar telah terjadi bunuh diri anggota langsung mengamankan TKP dan menghubungi Tim Inafis Sat. Reskrim Polres Dompu untuk melakukan olah TKP.

Kapolsek menuturkan, dari keterangan saksi saudara RISKI yang merupakan adik kandung dari korban yang pada saat itu sedang membuang sampah di sekitar kamar mandi yang sudah tidak terpakai saudara RISKI melihat kakaknya sudah dalam keadaan tergantung dengan menggunakan seutas tali berwarna biru yang diikat dikayu plafon kamar mandi yang kemudian menghubungi bapaknya an MAHMUD dan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Woja.

Setelah dilakukan olah TKP oleh tim Inafis Polres Dompu jenazah korban dibawa ke RSUD Kabupaten Dompu untuk dilakukan pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan oleh tim dokter tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan ditubuh korban sehingga disimpulkan bahwa almarhum meninggal disebabkan oleh kekurangan oksigen karena jeratan tali dilehernya”, terang Kapolsek.

Dari hasil komunikasi Kapolsek Woja dan Kanit Intelkam Polsek Woja bahwa keluarga yang diwakili oleh bapak almarhum menolak untuk dilakukan otopsi dan menerima kematian almarhum sebagai musibah. Sekitar pukul 17.30 wita jenazah dibawa oleh pihak keluarga kerumah duka di Lingkungan Magenda, Kelurahan Potu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu rencana dimana almarhum akan dimakamkan di TPU Syech Abdul Same (Rade Sala).

Dilokasi berbeda tepatnya di Londo Ndahu, Desa Adu, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu terjadi kasus percobaan bunuh diri oleh saudara Yahya (27 thn) seorang petani dari Dusun Sambi Kompo, Desa Adu, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu dengan cara meminum obat pembasmi hama jenis Lindomin.

Iptu Balok Suswantoro selaku Kapolsek Hu’u membenarkan kejadian tersebut. “Berawal dari korban mengunjungi istrinya di Kabupaten Bima pada hari Rabu (01/01) sehingga terjadi perkelahian antara korban dengan istrinya. Akibatnya pada Kamis (02/01) korban pulang kembali kerumahnya Dusun Sambi Kompo, Desa Adu, Kecamatan Hu’u dan tanpa pikir panjang nekat mengakhiri hidupnya dengan meminum obat pembasmi hama jenis Lindomin”, bebernya.

Beruntung ketika melakukan aksinya, korban dilihat oleh salah seorang warga a.n Sholihin yang melintas dilokasi tempat korban meminum racun yang langsung menyelamatkan korban dan membawanya ke Puskesmas Rasabou.

“Karena ketiadaan obat penawar racun, korban selanjutnya dirujuk ke RSUD Kabupaten Dompu untuk mendapat perawatan yang intensif”, tutupnya.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.Ik menanggapi akibat fenomena bunuh diri yang sering terulang khususnya di wilayah hukum Polres Dompu memberikan himbauan agar masyrakat tidak serta merta mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

“Selalu dekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, selesaikan masalah dengan pikiran jernih. Bila tidak mampu diselesaikan secara kekeluargaan agar melaporkan kepada pihak berwajib untuk sama-sama mencari solusi terbaik”, ujarnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Michael Josua, Perwira Remaja Polri Pertama dan Satu-satunya Penganut Konghucu yang dilantik Presiden Jokowi
Bareskrim Polri Bongkar Sindikat TPPO Scam Pekerjaan Paruh Waktu
Michael Darmawan Cahyadi Josua, Anak Sopir Paruh Waktu Dilantik Jadi Perwira Remaja Polri
Bareskrim Bongkar Online Scam Jaringan Internasional Modus Loker, 4 Negara Jadi Korban
Polisi Tangkap 7 Remaja Pelaku Tawuran Dengan Sajam dan Molotov
Bicara Era 5.0, Presiden Jokowi Ajak Perwira TNI-Polri Ikuti Perubahan Zaman
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Satbinmas Polres Tanah Karo Berikan Imbauan Pekat dan Ops Patuh Pada Kegiatan Mini Lokakarya Triwulan Lintas Sektoral Kabanjahe 
Hari Pertama Ops Patuh Toba 2024, Polres Tanah Karo Jaring 34 Sepeda Motor Melanggar
Satsamapta Polres Tanah Karo Laksanakan Pengaturan Lalu Lintas di Kabanjahe
Police Goes To School: Melalui Matsama Wujudkan Keselamatan dan Ketertiban di MAN 4 Boyolali
Polisi Gandeng Potensi Muda, Wujudkan Boyolali yang bebas dari Napza!
Kapolsekta Berastagi Kunjungi Koramil 03 Berastagi, Jalin Sinergitas
Lihat Semua
WordPress Lightbox