[language-switcher]
Beranda  Berita

Empat Pelaku Pengangkut Hasil Tambang Ilegal Diamankan Polda Sulteng

Polda Sulawesi Tengah – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulawesi Tengah kembali mengamankan empat pelaku pengangkut hasil tambang illegal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, SIK dalam press release yang digelar pada hari Rabu (15/01/2020) pagi, dilobi Wira Dharma Brata Polda Sulteng.

Kabid Humas Polda Sulteng yang juga didampingi Kasubbidpenmas Bid Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari itu mengatakan penangkapan keeempat pelaku pengangkut hasil tambang illegal tersebut berdasarkan dari informasi masyarakat bahwa adanya kegiatan pengangkutan hasil tambang ilegal dari Dongi-dongi yang dibawa ke Palu.

Dari informasi tersebut, pada tanggal 7 Januari dan 8 Januari 2020 lalu, Dit Reskrimsus melalui Subdit Tipidter melakukan tangkap tangan terhadap dua unit kendaraan yang diketahui membawa atau mengangkut material pasir hasil tambang atau yang biasa disebut dengan Reff dari Dongi-Dongi yang dibawa ke Palu tepatnya di Kelurahan Kawatuna, Kota Palu.

Keempat pelaku yang berhasil diamankan yakni berinisial YK (37) dan B (33) keduanya berasal dari Desa Maranata, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, sedangkan R (34) dan T (37) keduanya berasal dari Dongi-dongi, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, serta barang bukti berupa satu unit mobil jenis pick up merek Suzuki carry warna putih dan tujuh belas (17) karung material pasir reff serta satu unit mobil truck merek Toyota TS warna hitam dan dua puluh dua (22) karung material pasir reff.

Keempat tersangka dijerat pasal 158 dan 161 Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009, tentang pertambangan minerba dengan ancaman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 Milyar.

Kabid Humas Polda Sulteng juga mengungkapkan sejauh ini tujuh orang telah diperiksa sebagai saksi, dua orang diperiksa sebagai ahli dan penyidik masih melakukan pengembangan untuk mengetahui ada tidaknya tersangka baru.

“Polda Sulteng akan konsisten melakukan penegakkan hukum terhadap pertambangan illegal dimanapun dilakukan, termasuk apabila ada oknum yang terlibat,” tegas Kabid Humas Polda Sulteng.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2029 Ditutup, 137 Orang Mendaftar
Polda Sumut Gelar Rekonstruksi kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu
Pastikan Kesiapan Pengamanan, Kakorlantas Tinjau Venue Area Perhelatan Stadion Harapan Bangsa Aceh dan Sumut Sport Centre
Polri Tangkap Tersangka Scam Online Internasional, Kerugian Korban Rp 1,5 Triliun
Polri Bekuk Wanita Asal Sukabumi yang Jadi Operator Jaringan Scam Online Internasional
Polri Usut Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan BUMD di Riau
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Kegiatan Minggu Kasih Polsek Nglegok berikan himbauan Kamtibmas kepada warga di ruang terbuka hijau
Pawas pimpin Piket Fungsi Polsek Medan Barat laksanakan Patroli Blue Light/Presisi membantu masyarakat mobile ke Objek rawan mencegah 3C, Geng-Motor dan Kejahatan Jalanan di Wilayah Hukumnya
Personil Polsek Medan Barat Patroli Malam bantu membantu masyarakat mobile ke Pemukiman dan Jalan raya antisipasi Tawuran, 3C, Balapan Liar dan Kejahatan Jalanan di Wilayah Hukumnya
Ops Patuh Candi 2024, Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas
Cegah tindak kriminalitas di fasilitas perbankan anggota Polsek Nglegok aktif melaksanakan patroli dan himbauan kamtibmas
Patroli siang di obyek vital toko emas berikan himbauan Kamtibmas kepada pengelola toko emas antisipasi tindak 3C
Lihat Semua
WordPress Lightbox