[language-switcher]
Beranda  Berita

Satreskrim Polrestabes Medan Telah Mengamankan Tiga Orang Tersangka Pelaku Pencurian Uang 60 Juta Dengan Cara Memecahkan Kaca Mobil Di Halaman Parkir DPRD Sumut

Humas.polri.go.id (Sumut) – Tim Satreskrim Polrestabes Medan telah mengamankan tiga orang tersangka pelaku pencurian uang senilai Rp 60 juta dengan cara memecahkan kaca mobil di halaman parkir DPRD Sumut.

Dua pelaku dihadiahi timah panas karena mencoba kabur dan membahayakan personel saat diamankan.

Kasat Reksrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak menerangkan bahwa ketiga pelaku tersebut bernama Arnold Tambunan (50), M Ridwan (48) alias Asiong, dan Mulyadi alias Mul.

Arnold merupakan warga Jalan Mawar VIII No 13 B Perumnas Helvetia Kelurahan Tanjung Gusta, Medan Helvetia. Tersangka Ridwan warga Sidomulyo KM 11,5 Binjai, dan Mulyadi warga Desa timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Sumatera Selatan.

Awalnya kepolisian menangkap Arnold di sebuah rumah di Jalan SM Raja Gang Kasih Medan Amplas pada 12 Januari sekitar pukul 02.00 WIB.

“Berdasarkan keterangan Arnold muncul dua nama yang ikut melakukan pencurian tersebut, yakni Ridwan dan Mul. Selanjutnya tim melakukan pencarian terhadap kedua teman tersangka tersebut,” tutur Maringan, Selasa (14/1/2020) di Polrestabes Medan.

Pada hari yang sama sekitar pukul 22.00 WIB, tim mendapat informasi bahwa tersangka Ridwan sedang berada di Jalan Binjai Gang Horas. Petugas langsung menuju lokasi dan mengamankan tersangka.

“Terhadap kedua tersangka dilakukan tindakan tegas terukur menembak kearah kaki tersangka karena berusaha melarikan diri dengan cara menyerang petugas. Kemudian kedua tersangka dibawa ke RS Bhayangkara untuk dilakukan pengobatan lalu ke Polrestabes Medan untuk dilakukan proses lanjut,” jelas Maringan.

Polisi melakukan pemeriksaan terhadap mobil korban pencurian dengan modus pecah kaca di DPRD Sumut, Jumat (13/12/2019).

Polisi melakukan pemeriksaan terhadap mobil korban pencurian dengan modus pecah kaca di DPRD Sumut, Jumat (13/12/2019). (Tribun-Medan.com/M Andimaz Kahfi)

Selanjutnya pada 13 Januari 2020 sekitar pukul 15.00 WIB, polisi mendapat informasi bahwa tersangka Mul akan datang ke Medan dengan menggunakan pesawat.

“Kemudian tim langsung bergerak ke Bandara Kualanamu dan standby di sana. Sekitar pukul 16.00 WIB, tersangka Mul turun dari pesawat dan langsung diamankan anggota,” jelas Maringan.

Berdasarkan hasil interogasi tersangka Mul mengakui perbuatannya.

Maringan menuturkan bahwa tersangka Arnold dan Ridwan sebelumnya pernah melakukan pencurian dan merupakan residivis.

“Arnold dan Ridwan telah melakukan pencurian terhadap korban IS tahun 1996 kasus pencurian pecah kaca di Polsek Medan Baru. Keduanya residivis kasus pencurian tahun 2000 kasus pencurian pecah kaca di Polsek Medan Baru,” tambahnya.

Maringan juga membeberkan pembagian uang di antara para tersangka, usai menggasak uang Rp 60 juta dari mobil di parkiran DPRD Sumut.

Tersangka Arnold dan Ridwan masing-masing mendapat bagian Rp 17 juta. Sedangkan Mulyadi mendapat bagian Rp 20.500.000.

“Tersangka Mulyadi melakukan pencurian pecah kaca sebanyak 3 kali. Tahun 2000 terlibat kasus pencurian pecah kaca di Polres Sibolga. Kemudian kasus yang sama di Polsek Medan Kota,” tutur Maringan.

Terakhir, Maringan menjelaskan kasus ini bermula pada 13 Desember 2019, di mana korban Hamdan (ASN DPRD Sumut) mengambil uang dari Bank Sumut kemudian menuju Kantor di DPRD Sumut dengan menggunakan sebuah mobil.

“Setelah memarkirkan mobilnya, korban masuk ke dalam kantor DPRD. Selanjutnya pada saat kembali ke mobil terlihat kaca mobil korban dalam keadaan pecah dan uang tunai sekitar Rp 60 juta juga hilang, kemudian melaporkannya ke Polsek Medan Baru,” pungkas Maringan.

Hamdan Rifai (37), korban pencurian modus pecah kaca mobil, merupakan ASN di DPRD Sumut.

Saat itu, Hamdan menyebut tidak ada kehilangan uang.

Pengakuan Hamdan, barang-barang miliknya yang hilang dari dalam mobil hanya buku tabungan, dasi warna merah, dan tas ransel warna hijau.

Namun, fakta berbeda diungkapkan Kasat Reksrim Polrestabes Medan, AKBP Maringan Simanjuntak, yang menyatakan korban kehilangan uang sebesar Rp 60 juta. (DA)

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi
Polri Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi
Polri Gelar Operasi Patuh Jaya 2024, 15 Sampai 28 Juli
Polri Rekrut 45 Calon Perwira Sarjana untuk Perangi Kejahatan Siber
Bareskrim Polri Ungkap Lima Laboratorium Narkoba Rahasia di Indonesia Sepanjang 2024
Polisi Lalu Lintas Diminta Mampu Beri Pertolongan Pertama Kecelakaan
HUT Bhayangkara Ke-78, Polri Gelar Balap Sepeda di Sudirman Sabtu Besok, Diikuti Ratusan Pebalap
Lihat Semua

HUMAS POLDA

pelantikan dan pengambilan sumpah siswa Diktuk Bintara Polri Gelombang I. Tahun Anggaran 2024.
Nekat Mencuri Kabel, Pencuri Ini Di Tangkap Unit Jatanras Satreskrim Polres Asahan. 
Personil Polres Asahan Laksanakan Pengamanan Sholat Jumat
Polsek Kota Kisaran Gotong Royong Dengan Warga
Patroli dialogis Bhabinkamtibmas Sukapura Polsek Utbar, Polres Cirebon Kota sosialisasikan bahaya judol
Bhabinkamtibmas Kecamatan Simangambat Polsek Padang Bolak Aktif Beri Himbauan Menjelang Pilkada 2024
Lihat Semua
WordPress Lightbox