[language-switcher]
Beranda  Berita

Bhabinkamtibmas Gencar Mensosialisasikan Saber Pungli

humas.polri.go.id (Babel) Pemberantasan praktik Pungutan Liar (pungli) menjadi atensi khusus dari Pemerintahan saat ini. Pungli pada umumnya berkembang di pelayanan publik ini sangat meresahkan masyarakat terutama menengah kebawah. Pengetahuan yang minim oleh masyarakat dapat menjadi sasaran empuk bagi oknum untuk meraup keuntungan pribadi.

Sosialisasi serta edukasi tentang praktik pungli sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Belitung Kecamatan Membalong agar dapat mengetahui dan terhindar dari pungli. Seperti yang dilakukan saat ini, Seluruh Personil Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Belitung Melaksanakan Sosialisasi Saber Pungli di Desa Binaannya masing-masing.

Dapat kita lihat, salah satu Bhabinkamtibmas Desa Mentigi Bripda Agus Dharu K di Polsek Membalong, Bhabinkamtibmas inilah yang menggelar Sosialisasi Saber Pungli Tentang Pencegahan Pungutan Liar di desa binaannya Desa Mentigi Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, (26/11/2019).

Kaposek Membalong AKP Ghalih Widyo Nugroho,SH. SIK  mengatakan “Saat ini pemerintah dan juga kepolisian mencanangkan program bebas punggutan biaya (Pungli) untuk mendapatkan pelayanan publik.”

“Guna Mengerjakan Pasal 286 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Pembohong (Satgas Saber Pungli) khusus dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 24 Oktober 2016 telah mengeluarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor: 180/3935 / SJ tentang Pengawasan Pungutan Pembohong Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Pemerintahan ”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Membalong diperintahkan untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memberantas pungli.

“Segera laporkan praktik pemungutan uang yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut guna menciptakan lingkungan bebas pungli” tutupnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Polri Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi
Polri Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi
Polri Gelar Operasi Patuh Jaya 2024, 15 Sampai 28 Juli
Polri Rekrut 45 Calon Perwira Sarjana untuk Perangi Kejahatan Siber
Bareskrim Polri Ungkap Lima Laboratorium Narkoba Rahasia di Indonesia Sepanjang 2024
Polisi Lalu Lintas Diminta Mampu Beri Pertolongan Pertama Kecelakaan
HUT Bhayangkara Ke-78, Polri Gelar Balap Sepeda di Sudirman Sabtu Besok, Diikuti Ratusan Pebalap
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Pisah sambut Kapolres Minsel, AKBP Arianto Salkery, SH,MH gantikan AKBP Feri Renaldo Sitorus, SIK,MH
pelantikan dan pengambilan sumpah siswa Diktuk Bintara Polri Gelombang I. Tahun Anggaran 2024.
Nekat Mencuri Kabel, Pencuri Ini Di Tangkap Unit Jatanras Satreskrim Polres Asahan. 
Personil Polres Asahan Laksanakan Pengamanan Sholat Jumat
Polsek Kota Kisaran Gotong Royong Dengan Warga
Patroli dialogis Bhabinkamtibmas Sukapura Polsek Utbar, Polres Cirebon Kota sosialisasikan bahaya judol
Lihat Semua
WordPress Lightbox