[language-switcher]
Beranda  Berita

Polri Jelaskan Aturan Wajibkan Pemotor Nyalakan Lampu di Siang Hari

Jakarta – Polri merespon gugatan dua mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI), Eliadi Hulu dan Ruben Saputra ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang memprotes atas UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mewajibkan pengendara menyalakan lampu sepeda motor di siang hari.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menjelaskan aturan mewajibkan sepeda motor menyalakan lampu di siang hari dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Sebab, data Korlantas Polri menyatakan kecelakaan lalu lintas sepeda motor terjadi karena faktor manusia cukup besar.

“Jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal lebih 60 persen karena sepeda motor. Faktor utamanya adalah manusia, yang lalai, sembarangan, melakukan pelanggaran, tidak mengetahui peraturan, tidak terampil mengendarai,” kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/1/2020).

Lewat data itu, Polri lalu mengeluarkan aturan untuk mewajibkan pesepeda motor menyalakan lampu di siang hari dalam pasal 107 UU No 22 Tahun 2009 pada ayat 2.

Dalam Pasal tersebut berbunyi pengemudi sepeda motor, selain mematuhi ketentuan menyalakan lampu utama di jalan pada malam hari dan kondisi tertentu, wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Sanksi bagi pelanggaran ini adalah pidana kurungan 15 hari atau denda Rp 100 ribu- yang tertuang dalam pasal 293 ayat 2.

“Untuk menangani hal tersebut dibuatlah aturan sepeda motor wajib menyalakan lampu di siang hari, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas keselamatan bagi sepeda motor yang dituangkan dalam pasal 107 UU No 22 Tahun 2009 pada ayat 2,” jelasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2029 Ditutup, 137 Orang Mendaftar
Polda Sumut Gelar Rekonstruksi kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu
Pastikan Kesiapan Pengamanan, Kakorlantas Tinjau Venue Area Perhelatan Stadion Harapan Bangsa Aceh dan Sumut Sport Centre
Polri Tangkap Tersangka Scam Online Internasional, Kerugian Korban Rp 1,5 Triliun
Polri Bekuk Wanita Asal Sukabumi yang Jadi Operator Jaringan Scam Online Internasional
Polri Usut Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan BUMD di Riau
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Patroli Ton Siaga Polresta Ambon: Cegah Gangguan Keamanan
Bhabinkamtibmas Batunadua Patroli dan Sambang Warga, Tingkatkan Keamanan dan Sosialisasikan Layanan Call Center 110
Resmi Ditutup! Tim Terjun Payung Polri Kembali Raih Prestasi Gemilang di Internasional Skydiving Championship Kapolri Cup 2024
Michael Darmawan Cahyadi Josua, Anak Sopir Paruh Waktu Dilantik Jadi Perwira Remaja Polri
Bhabinkamtibmas Batunadua Julu Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban: Ingatkan Warga Jauhi Kriminalitas dan Jaga Kendaraan
Polrestabes Surabaya Tangkap Bandar Slot Royal Dream
Lihat Semua
WordPress Lightbox