[language-switcher]
Beranda  Berita

Polres Lampung Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

POLDA LAMPUNG – Polres Lampung Barat melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah hukum Polres Lampung Barat bertempat di halaman apel Mako Polres Lambar, Jumat pagi (10/01/2020).
Hal ini terkait dengan cuaca ekstrem yang masih terjadi. Selain itu juga mewaspadai sejumlah titik yang tergolong rawan bencana alam di daerah Lampung Barat dan Pesisir Barat.
Dalam upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Hariyadi,S.IK.,M.H. memimpin pelaksanaan apel yang mana apel dihadiri Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Kav CZI Benni setiawan,S.T., Forkopimda Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, Pejabat dari unsur TNI dan Polri, juga pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, serta anggota dari tiap instansi sebagai pasukan apel yang berjumlah kurang lebih 150 personil.
Dalam sambutan Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Hariyadi,S.IK.,M.H. mengatakan, tindakan kita dalam upaya evakuasi korban baik itu korban manusia maupun korban materil beberapa kejadian seperti di kecamatan sumber, kecamatan ngaras serta di beberapa wilayah lain nya dan tadi malam sempat ada tanah longsor yang menutupi badan jalan di kecamatan pesisir utara.
tentu nya hal ini menjadi pedoman bagi kita untuk melaksanakan tugas terkait penanggulangan bencana karna dari history Kabupaten Lampung Barat maupun Kabupaten Pesisir Barat di mana wilayah kita rentan terhadap terjadinya bencana . terutama apabila telah memasuki masa musim penghujan, sehingga rekan-rekan pada pagi hari ini kita berkumpul bersama-sama di tempat ini di la

WhatsApp Image 2020 01 10 at 11.17.53

pangan apel ini untuk melihat bagaimana kesiapan kita terkait dengan penanggulangan bencana,”ucap Kapolres.
pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Dandim 0422 Lampung Barat beserta rekan rekan dari kodim atas upaya bersama dan kerja sama kita selama ini yang terkait dengan upaya penanggulangan bencana, serta rekan-rekan dari tagana juga, dari BPBD atas solidaritas kita sudah terlihat kegiatan kita mulai dari penanganan-penanganan baik itu penangan tanah longsor maupun banjir,”ungkap Kapolres.
terlihat sekali sinergitas kita sudah terjalin dengan baik . untuk itu saya harapkan saya selaku Kapolres Lampung Barat kerja sama ini tetap terjalin dalam upaya kita memberikan pertolongan kepada masyarakat baik yang terkena dampak secara langsung maupun yang tidak secara langsung terkena dampak bencana .
saya mengajak kepada kita sem

ua agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk saling meningkatkan kapasitas kita dalam peningkatan kesiapsiagaan khusus nya dalam menjawab tantangan ancaman bencana alam yang di prediksi akan terjadi di wilayah yang kita cintai ini.

ancaman yang semakin meninggi mengenai bencana ini harus kita hadapi dengan pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik .

artinya kita harus memahami ancaman, kekuatan dan kapasitas kita , dan memahami resiko dan mampu menetapkan prioritas penangan untuk mengurangi resiko faktor kunci lainya adalah kesiapsiagaan artinya kemampuan untuk mengantisipasi ancaman , mampu melawan pada saat kejadian bencana, dan mampu bangkit dan cepat pulih dari dampak bencana,”terang Kapolres.
kita tetap mewaspadai bencana-bencana yang kemungkinan akan terjadi di wilayah kita , dan juga tentu nya seperti kita ketahui bersama kemarin ada kejadian yang cukup serius di tanggamus dimana terjadi banjir bandang dan tanah longsor. sehingga perlu saya sampaikan pada kesempatan hari ini, sampai dengan saat ini situasi dan kondisi transportasi jalan yang mengarah ke kabupaten tanggamus dari wilayah Pesisir Barat itu masih tertutup sehingga mungkin pada kesempatan rekan-rekan tolong himbau kepada masyarakat yang akan melalui Kabupaten Pesisir Barat mungkin sementara bisa di alurkan melalui liwa-bukit kemuning dan seterus nya,”himbau Kapolres.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Tingkatkan Pelayananan Publik, DivPropam Polri Gelar Sertifikasi Kompetensi Bintara Akreditor
Pesan Wakapolri untuk Pujakesuma Kepri: Jaga Kekompakan dan Wujudkan Cita-Cita Bangsa
825 Siswa Ikuti Pendidikan, Polda Metro Harap Jadi Polisi yang Profesional
Patahkan Dominasi Lavani, Jakarta Bhayangkara Presisi Juara Proliga 2024
Polda Jabar Resmi Limpahkan Dua Tersangka Kasus Dago Elos
Jakarta Bhayangkara Presisi Juara Proliga 2024, Kalahkan LavAni Allo Bank 3-1
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Polda Jabar Beberkan Perkembangan Terbaru Kasus Dago Elos
Kunjungan Kapolres Boyolali ke Grup 2 Kopasus: Momen Sinergitas TNI-Polri
218 Siswa Siap Dididik Menjadi Anggota Polri di SPN Polda Sulut
Tingkatkan Pelayananan Publik, DivPropam Polri Gelar Sertifikasi Kompetensi Bintara Akreditor
HUT Bhakti Adiyaksa Ke 64, Polres Pematangsiantar Berikan Kejutan Untuk Kejaksaan Negeri Pematangsiantar
Kapolres Kotabaru Dorong Kekompakan dan Kerja Sama dalam Commander Wish
Lihat Semua
WordPress Lightbox