[language-switcher]
Beranda  Berita

Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Terpadu Antisipasi Banjir

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan pihaknya membentuk Satgas terpadu untuk mengantisipasi potensi banjir. Langkah ini dilakukan menyusul prediksi hujan besar pada (12/1) oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Dalam hal ini kita sudah menginisiasi kami ada rencana pembentukan satgas terpadu. satgas terpadu ini terdiri dari BPBD, Polri, dan instansi terkait,”kata Nana di Hutan Kemayoran, Utara, Jumat (10/1).

Nantinya, Satgas Terpadu ini akan dibagi dalam dua tim. Pertama, tim pertolongan atau evakuasi korban banjir. Tim kedua melakukan pelayanan bagi korban banjir.

“Kita memang dari awal sudah menyiapkan untuk membentuk tim meberikan pertolongan ataupun evakuasi dan juga memberikan pelayanan kepada masyarakat,” sambungnya.

Selain itu, Nana sudah menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek di Jakarta untuk melakukan patroli di rumah–rumah yang ditinggal pemiliknya mengungsi akibat banjir.

“Sampai ke tingkat bawah sudah disampaikan ke Polsek untuk mengamankan, patroli rumah–rumah yang ditinggal masyarakat. Kami juga akan membuat semacam pos untuk kesehatan. Posko kesehatan ini akan kita lakukan di beberapa lokasi yang terkena banjir,” tutup Nana.

Prediksi BMKG

BMKG mengimbau warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang hingga Bekasi (Jabodetabek) untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada 8 hingga 12 Januari 2020.

“BMKG mengindikasikan nanti malam, hingga 3 hari ada potensi hujan dengan skala lebat hingga sangat lebat. Tapi apakah akan seperti 1 Januari lalu, kita belum bisa memprediksi. Tapi potensi, ada. Jadi, tanggal 12 itu bukan awalnya. Tapi nanti malam,” ujar Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono R Prabowo, ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (8/1).

Peringatan Dini Kedubes AS

Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jakarta pada 12 Januari 2020. Mereka mengimbau warga negaranya agar waspada.

Menurut dia, cuaca ekstrem akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Antara lain, Pulau Jawa bagian barat, Pantura Jawa, Sumatera Selatan bagian timur, Belitung, Kalimantan bagian tengah dan selatan, serta Papua bagian tengah.

Dia mengimbau masyarakat waspada akan potensi banjir. Terutama, lanjut dia yang di badan dan bantaran sungai/laut, serta di daerah rendah.

“Karena volume air sangat tinggi, kalau di bantaran dan badan sungai atau laut takut meluap. Tak hanya itu, yang di dataran rendah juga perlu waspada. Air kan tahunya mengalir ke daratan rendah,” kata Mulyono.

(poldametrojaya)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Menjaga Keutuhan Indonesia, Divisi Humas Polri Melaksanakan Kontra Radikal di Jawa Tengah
As SDM Kapolri Cek Gladibersih Pemeriksaan Penampilan Tingkat Pusat Catar Akpol
Kota Malang Kini Punya ETLE Mobile Handheald, Pertama di Indonesia
Ditresnarkoba Berhasil Ungkap Narkotika Jenis Shabu 6 KG di Dalam Boneka
Divkum Polri Pastikan Kasus Dugaan Judol yang Seret Nama Wulan Guritno Masih Diselidiki
Polisi Tangkap Pelajar di Pangkalpinang, ‘Jual’ Juniornya ke Pria Hidung Belang
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Menjaga Keutuhan Indonesia, Divisi Humas Polri Melaksanakan Kontra Radikal di Jawa Tengah
Selamatkan Pelajar dari Bahaya Narkoba, Polres Grobogan Gelar Sosialisasi saat MPLS
Polres Grobogan Manfaatkan MPLS Untuk Sosialisasi Operasi Patuh Candi 2024
Bimbing Pelajar Agar Tak Terjerumus Kenakalan Remaja, Jajaran Polres Grobogan Gelar Sosialsasi saat MPLS
Personil Polsek Simpang Empat lakukan Patroli Jalan Kaki Memberikan Rasa Aman di Pasar Pekan Tradisional
MPLS, Polres Grobogan Berikan Edukasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba
Lihat Semua
WordPress Lightbox