[language-switcher]
Beranda  Berita

Peduli Lingkungan Hidup, Kapolda Banten Lakukan Penanaman Ribuan Pohon

whatsapp-image-2020-01-10-at-12-51-02

Serang – Banten. Peduli terhadap Lingkungan Hidup dan Alam, Kapolda Banten Danrem 064/MY, Gubernur Banten dan Elemen Masyarakat, Hari Ini Gelar Penanaman Ribuan Pohon, secara serentak di Provinsi Banten dan kabupaten kota, Jumat, (10/01/2020) pukul 08.00 Wib.

Seperi Kita ketahui, Bahwa Bencana alam dan banjir yang terjadi di awal tahun 2020 menyisakan duka mendalam.

Kapolda Banten, Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H menyampaikan, hingga 10 Januari 2020 dampak dari bencana banjir bandang di lebak, menyebabkan 9 orang korban meninggal dunia, dan 2 orang korban masih dinyatakan hilang.

Polda Banten, Ujar Irjen Agung Sabar akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang. Beberapa Hal Kesiapsiagaan nya yaitu, mempersiapkan personil siaga bencana alam baik di tingkat satuan kerja di Polda maupun di satuan fungsi di tingkat polres hingga tingkat polsek. Selain itu juga menyediakan sarana perahu karet, rakit buatan dan personil kesehatan lapangan melalui bidang kesehatan polda banten.

“Sebab itulah Kapolri di awal Tahun 2020, menglorifikasikan sebuah Program “Polri Peduli Lingkungan” yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor,” kata Irjen Pol Agung Sabar Santoso dalam keteranganya, Jumat (10/01/2020).

Realisasi program itu adalah penanaman pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, Asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif baik milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya. Kegiatan Ini mengikutsertakan jajaran TNI, Forkopimda, Pemerintah Provinsi dan Daerah, Dinas Terkait dan elemen masyarakat di provinsi banten.

“Termasuk daerah aliran sungai dan daerah pesisir Pantai anyar, carita yang biasa diberdayakan sebagai ekosistem mangrove,” jelas Agung Sabar.

Pohon yang nantinya ditanam ini, telah dipilih khusus agar bisa memberikan kemanfaatan jangka panjang hingga ke anak cucu, yang mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar termasuk pepohonan yang memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

“Untuk itu, semua pimpinan kewilayahan Polri perlu membangun sinergitas dengan TNI, Pemda, LSM dan perusahaan swasta. Setidaknya coorporate social responsibilty (CSR) perusahaan tersebut dapat diarahkan untuk mendukung pemulihan lingkungan hidup,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyampaikan, guna mengawali program Polri Peduli Lingkungan, Bapak Kapolri bersama seluruh personel dari Mabes Polri secara serentak, hari ini melakukan penanaman 2020 pohon di Pusat Pendidikan Multifungsi Polri di Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 10 Januari 2020.

Sedangkan Kapolda Banten beserta Danrem 064/MY, Forkopimda dan Peserta Penanaman Pohon, dalam Acara”Polri Peduli Penghijauan” Suatu Program Kapolri Penanaman Pohon Guna Mendukung Penghijauan secara Nasional.

Kapolda Banten Melakukan Penanaman Pohon yang bertempat, diLahan Polri Satbrimob Polda Banten, Jl. sepang Cimoyon Kecamatan Taktakan, Kabupaten Serang.

Sedangkan untuk Kapolres jajaran polda banten, juga melakukan hal yang sama di wilayah nya masing masing bersama Dandim, Bupati atau Walikota dan mengikutsertakan Elemen Masyarakat.

Adapun Pohon yang di tanam, seperti Mahoni, Pule, Ketapang Laut, Tembesi, Durian, Rambutan, Kelengkeng, Magga yang kesemuanya akan bermanfaat bagi lingkungan dan masayarakat, serta anak cucu kita. Adapun Jumlah Pohon yang akan ditanam bersikar dua puluh ribuan lebih dengan berbagai pohon pohonan tadi.

“Dengan Diinisiasi oleh Polri, harapannya instansi pemerintah lainnya juga Pemda, perusahaan swasta dan masyarakat bisa tergerak untuk melakukan pemulihan lingkungan di sekitarnya dengan budaya menanam pohon,” demikian Kata Edy Sumardi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUMAS MABES POLRI

Kisah Catar Akpol Jovanka Alfaudi: Santri yang Mahir Bahasa Arab hingga Spanyol, Sempat Dua Kali Gagal Masuk Bintara
Kakorlantas Beri Arahan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Untuk PON XXI di Sumut dan Aceh
Inilah Juara International Open Indoor Skydiving Championship Kapolri Cup 2024
Kerennya Museum Akademi Kepolisian di Semarang, Melihat Sejarah Polri dari Dekat
Resmi Ditutup! Tim Terjun Payung Polri Kembali Raih Prestasi Gemilang di Internasional Skydiving Championship Kapolri Cup 2024
Berkas Perkara Kasus Pornografi Anak Dinyatakan Lengkap
Lihat Semua

HUMAS POLDA

Gelapkan 15 Karung Pupuk, Karyawan Perusahaan Sawit Ditangkap Polsek Muara Kaman
Polsek Tenggarong Berikan Pengamanan Penutupan Festival Lomba Miskat, Jepen, dan Kuliner Khas Kukar 2024
Polsek Tigapanah Pastikan Kebaktian Gereja di Wilkum Berjalan Aman dan Lancar
Kasat Lantas AKP Rabiah Hasibuan Menjelaskan Hasil Kegiatan Ops Patuh Toba 2024 Hari ke-6 di Kab. Karo
Ton Siaga 5 Polres Kukar Rutin Gelar Apel Diakhir Pekan dan Hari Libur
Polsek Tabang Sosialisasi dan Penyuluhan Terkait Bahaya Narkoba di SMPN 1 Tabang
Lihat Semua
WordPress Lightbox